DEPOKNET – PDAM Tirta Asasta kota Depok menggelar forum pelanggan sekaligus memfasilitasi pembentukannya yang baru. Forum tersebut bertujuan untuk menampung aspirasi sekaligus menjembatani antara pelanggan dan PDAM sehingga permasalahan yang terjadi dapat terselesaikan dengan baik.
Forum ini berfungsi sebagai wadah yang dapat membangun komunikasi timbal balik secara efektif antar pelanggan air minum di kota Depok dalam rangka menyelesaikan masalah-masalah terkait dengan pelayanan air minum.
Selain itu, forum ini juga merupakan tempat untuk memperoleh dan memberikan informasi tentang penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum yang dilaksanakan oleh PDAM Tirta Asasta sehingga salah satunya dapat menjadi rekomendasi kepada Pemerintah Daerah maupun Pusat.
“Segala keluhan dan masukan dari pelanggan bisa diserap oleh forum ini untuk kemudian disampaikan kepada PDAM,” ujar Direktur Operasional PDAM Tirta Asasta, Supendi, ST usai membuka kegiatan Forum Pelanggan di Aula PDAM, Sabtu pagi (1/04).
Tak dipungkiri, saat ini hak dan kewajiban pelanggan terkait pelayanan air minum masih kurang seimbang. Ketika pelanggan telat membayar iuran, mereka wajib membayar denda administrasi. Namun disisi lain, ketika air macet atau keruh mereka tidak bisa mendapatkan haknya.
“Permasalahan-permasalahan seperti itu yang mendasari pembentukan forum komunikasi pelanggan ini. Dengan forum ini saya harap dapat menjembatani hak dan kewajiban baik pelanggan maupun PDAM,” ungkap Supendi
Forum pelanggan ini nantinya wajib pula dilibatkan oleh PDAM dalam banyak permasalahan pelayanan termasuk konsultasi publik membahas business plan PDAM, atau tentang rancangan penyesuaian tarif melalui berbagai media komunikasi sosial untuk mendapatkan umpan balik (feedback).
“Hak dan keinginan pelanggan untuk dilayani sebaik-baiknya, dipenuhi kebutuhannya akan air minum, dipuji, diperhatikan, didengar, ditanggapi dan diselesaikan dengan cepat keluhannya. Pada intinya pelanggan adalah raja sekaligus teman yang berharga bagi kami, tanpa mereka, semua yang ingin dicapai oleh kami tidak akan terwujud,” jelas Supendi
Dalam forum pelanggan tersebut juga akan diagendakan pemilihan Ketua Forum dan Anggota yang baru, dimana mereka yang terpilih dan menjadi anggota Forum adalah para stageholder yang aktif secara sosial dan ketokohannya di masyarakat. Selain itu, track record mereka juga dilihat. (Mel/DepokNet)